Perbedaan mysql dengan mysqli

Meskipun secara fungsi sama, ‘mysql’ dan ‘mysqli’ ternyata mempunyai ciri yang berbeda. Saya baru menyadarinya beberapa hari yang lalu ketika sedang menuliskan kode query PHP untuk sebuah tutorial. Keduanya merupakan ekstensi yang biasa digunakan untuk melakukan koneksi database MySQL melalui PHP. Lalu apa perbedaannya? Tulisan ini akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut.
Penjelasan ini saya sarikan dari situsweb PHP Manual. Ekstensi ‘mysql’ adalah ekstensi asli yang didesain untuk mengizinkan script PHP berinteraksi dengan database MySQL. Ekstensi ‘mysql’ menyediakan fungsi prosedural dan dimaksudkan hanya untuk penggunaan versi MySQL 4.1.3 ke bawah. Ekstensi ini masih dapat didukung oleh versi MySQL 4.1.3 dan selanjutnya, tetapi tidak semua fitur didukung oleh server MySQL yang lebih baru. Dengan demikian, jika Anda menggunakan MySQL versi 4.1.3 atau setelahnya sangat direkomendasikan untuk menggunakan ekstensi ‘mysqli’.
Ekstensi ‘mysqli’ disebut juga sebagai ekstensi MySQL yang unjuk kerjanya ditingkatkan.Ekstensi ‘mysqli’ dikembangkan untuk memenuhi fitur-fitur baru yang ditemukan dalam sistem MySQL versi 4.1.3 dan setelahnya. Ekstensi ‘mysqli’ sudah disertakan pada PHP versi 5 dan setelahnya. Ekstensi ‘mysqli’ mendukung antarmuka berorientasi objek sekaligus antarmuka prosedural. Ekstensi ‘mysqli’ dibangun menggunakan PHP extension framework, yang kode sumbernya dapat ditemukan dalam direktori ext/mysqli.
Keuntungan-keuntungan yang bisa diperoleh jika menggunakan ekstensi ‘mysqli’ dalam mengkode program, yaitu:
  • menyediakan antarmuka berorientasi objel
  • mendukung prepared statements
  • mendukung banyak statements (multiple statements)
  • mendukung transaksi (transactions)
  • kemampuan debugging yang lebih ditingkatkan
  • dukungan server tertanam (embedded server)
Perbandingan ekstensi ‘mysql’ dan ‘mysqli’ dapat dirangkum dalam tabel sebagai berikut.
Semoga bermanfaat.
Sumber : http://www.adityarizki.net/2013/05/perbedaan-mysql-dan-mysqli/   
http://www.duniailkom.com/tutorial-php-mysql-perbedaan-mysql-dan-mysqli-extension-php/
Semoga bermanfaat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengenalan Tentang Moodle

Konfigurasi Modem Speedy Telkom ZTE ZXV10-W300s Sebagai WIFI

Cara Menghitung Ketinggian Tower