Konfigurasi Modem Speedy Telkom ZTE ZXV10-W300s Sebagai WIFI

Assalamualaikum.Wr.Wb

  Pada kesempatan hari ini saya akan membahas tentang bagaimana cara konfiguras modemspeedy telkom yang dijadikan sebagai wifi.

A.Pengertian
   
Modem berasal dari singkatan Modulator Demodulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi ke dalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut "modem", seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya, namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai Perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer. Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital diberikan kepada modem untuk diubah menjadi sinyal analog, ketika modem menerima data dari luar berupa sinyal analog, modem mengubahnya kembali ke sinyal digital supaya dapat diproses lebih lanjut oleh komputer. Sinyal analog tersebut dapat dikirimkan melalui beberapa media telekomunikasi seperti telepon dan radio.
Setibanya di modem tujuan, sinyal analog tersebut diubah menjadi sinyal digital kembali dan dikirimkan kepada komputer. Terdapat dua jenis modem secara fisiknya, yaitu modem eksternal dan modem internal.

B.Latar Belakang
   Latar Belakang saya melakukan konfigurasi modem speedy karena modem sangat penting bagi saya.

C.Maksud dan Tujuan
    Agar menambahkan wawasan bagi kita ,wawasan dalam melakukan konfigurasi yang lain baik itu mikrotik dll.

D.Alat dan Bahan
   -Modem speedy
   -Laptop
   -Kabel UTP

E.Tahap Pelaksnaan
   Pertama kalian buka web browser dengan memasukkan alamat i 192.168.1.254  untuk login ke panel seting dengan username : support dan password : theworldinyourhand

Ini adalah menu utama untuk modem speedy


setelah login anda akan masuk ke tampilan admin, klik interface setup, pilih PVC1 dan masukan nomor speedy berikut pass speedynya seperti yang ada pada gambar berikut ini

 

Isikan username dan passwordnya sesuai default yang ada di modem nya itu. Setelah itu, Save.



Untuk seting wifi Pilih menu Wireless dan masukan nama wifi berikut pass wifi sesuai keinginan anda seperti pada gambar. Lalu kalau sudah kita Save.






Apabila semua sudah terseting dengan baik lakukan Reboot dengan mengklik menu maintenence ->pilih SystemRstat -> kemudian pilih Curentsetting ->Kemudian Klik Restart, Tunggu sampai proses merestart selesai. Seperti pada gambar berikut ini.









F. Hasil dan Kesimpulan
Hasilnya adalah Modem speedy tersebut telah terkonfigurasi, dan dapat memancarkan wifi, yang sudah bisa terdeteksi di laptop.

G. Referensi
    -https://id.wikipedia.org/wiki/Modem
    -http://murnitic.blogspot.co.id/2016/11/konfigurasi-modem-speedy-telkom-zte.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengenalan Tentang Moodle

Cara Menghitung Ketinggian Tower