Memonitoring Mikrotik Dengan tool graphing


Assalamualaikum.Wr.Wb

   Pada kesempatan hari ini saya akan membahas tentang cara menggunakna graphing untuk memonitoring mikrotik kita, nah pasti kita ingin tau keadaan mikrotik kita pada kesempatan ini saya akan membahas graphing.

A.PENGERTIAN
   MRTG, adalah perangkat lunak bebas untuk memantau dan mengukur beban lalu lintas di jaringan link. Hal ini memungkinkan pengguna untuk melihat beban lalu lintas pada jaringan dari waktu ke waktu dalam bentuk grafik.

B.LATAR BELAKANG
   MRTG / Graphing merupakan tool penting yang sering NOC (Network Operating Center) gunakan untuk memonitoring perangkat – perangkat jaringan dan trafick jaringan yang sedang berjalan.

C.MAKSUD DAN TUJUANAN
   Agar mengerti pada setiap menit atau setiap detik pada mikrotik perubahan graphingya.
 
D.ALAT DAN BAHAN
  - 2 laptop
  - 2 kabel UTP
  - Mikrotik

E.TAHAP PELAKSNAAN
1.Kita masuk dulu ke winebox setelah itu kita klik tools>>>lalu klik Graphing

Dengan tools graph, anda bisa melakukan monitoring terhadap beberapa parameter pada router dan menyajikannya dalam bentuk grafik. Grafik ini bisa dilihat dengan melakukan akses router via web, dengan format alamat http://[ip router]/graphs. Misal 192.168.8.2/graphs
        By default, tool graph ini belum melakukan perekaman data apapun jika dilihat via web browser belum terdapat data apapun. Dibutuhkan pengaturan parameter apa saja yang akan direkam serta tambahan policy jika dibutuhkan. Kali ini saya coba untuk monitoring besarnya traffik pada salah satu interface yaitu ether5.

2.Lalu kita klik add + isi interfacenya misalkan disini ether5 kalau mau semuanya bisa tinggal ganti all >  lalu kita pindah ke graping  settings isi pada store Ever disini saya menggunakan 5 min setelah selesai klikapply>ok   


3.Tunggu beberapa saat, lalu akses kembali Graphs dari web browser. Akan muncul link sesuai nama interface yang direkam dalam graph. Klik link tersebut untuk melihat grafik bandwidth terrekam oleh graphs.
* Berikut tampilan dari MGRT / Graphing dengan mengeklik ether 5 pada http://[ip router]/graphs di kolom url
 

F.HASIL DAN KESIMPUL

Pengaktifan MGRT / Graphing pada MikroTik berhasil. Selain dalam konfigurasinya mudah, Graphing pada mikrotik juga dapat menampilkan informasi – informasi berupa :

  1. Resource Usage ( CPU, Memory dan Disk Image)
  2. Traffic yang melewati interface
  3. Traffic yang melewati Quee / Manajemen Bandwith
G.REFENSI
-https://www.google.co.id/?gws_rd=cr,ssl&ei=lt4_WOPxE8HsvASJkaqwCQ#q=graphing+mrtg+wiki
-http://mikrotik.co.id/artikel_lihat.php?id=81

Semoga Bermanfaat
Wassalamualaikum.Wr.Wb 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengenalan Tentang Moodle

Konfigurasi Modem Speedy Telkom ZTE ZXV10-W300s Sebagai WIFI

Cara Menghitung Ketinggian Tower